PESONA DESA BOROBUDUR

(foto : Simpang 4 Pasar Borobudur)

Candi Borobudur ini terletak di Desa Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Candi termegah dan terbesar di Indonesia ini dikelilingi beberapa dusun: Sabrangrowo, Gopalan, Maitan, Bogowanti Kidul & Lor, Ngaran I & II, Kelon, Bumi Segoro, Janan, Gendingan, Kujon, Kenayan, Gejagan, Tanjungan, Kaliabon, Kurahan, Tamanan, Jligudan, Jayan. Terletak di dataran Kedu yang hampir seluruhnya dilingkari pegunungan.


Bagian Timur terdapat: gunung Merapi & gunung Merbabu,
bagian Barat Laut terdapat: gunung Sindoro-Sumbing,
bagian Utara terdapat: gunung Tidar,
bagian Selatan terdapat: membujur pegunungan Menoreh.


(foto: View Borobudur dilihat dari bukit/gunung Bakal)

Terletak di sebelah timur Gunung Bakal dusun Mitan-Tanjungan. Dari tempat ini, Candi Borobudur dapat dilihat dengan jelas, termasuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) dilengkapi dengan batas pengamanan dan amben (tempat duduk lebar terbuat dari bambu) akses jalan relatif mudah.


(foto : saat turis asing melihat pesona dari bukit Bakal)

Dusun Maitan adalah Pilot Project dari adanya desa wisata yang terdapat di desa Borobudur. Karena selama ini banyak wisatawan yang ingin menikmati Candi Borobudur dari sudut lain, sehingga para wisatawan menyempatkan untuk melihat sambil berkeliling desa menikmati daerah sekitar Candi Borobudur, utamanya sambil menikmati udara sejuk pedesaan yang kaya akan flora serta pemandangan sawah dan masyarakatnya yang sangat terbuka dan ramah bila para wisatawan menyempatkan untuk ber-"say helo" dengan warga yang dilewatinya.

Sungguh suatu hal yang sangat menyenangkan bilamana mereka dapat berbaur dengan warga pedesaan yang mempunyai ragam cara untuk menyambut wisatawan.


(foto : saat wisatawan berkunjung ke salah satu dusun)




5 komentar:

  1. menurut saya mungkin lebih banyak lagi foto-foto yang disajikan di blog ini,
    semoga ini langkah awal menuju desa borobudur yang lebih maju
    congratzz^^

    BalasHapus
  2. terima kasih, foto2 menunggu masukan dari byk rekan2 yg layak dipublikasikan....

    BalasHapus
  3. perlu disajikan lagi potensi lain yg lebih terkenal dari desa ini dan kegiatan-kegiatan lain yg up to date selain candi borobudur(coz who knows borobudur temple is a miracle heritage in the world) kadang banyak orang hanya tahu candi borobudur, tapi belum tahu akan wisata lain disekitarnya. gali trus potensi yg ada. Bravo desa Borobudur.... gambaro desa borobudur...

    BalasHapus
  4. Gali terus potensi desa wisata,aku sangat mendukung...

    BalasHapus
  5. Foto-fotonya mungkin lebih bnyak lagi,,,,,,,,, i like it borobudur village

    BalasHapus